DEDI, HERIANTO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 SEGEDONG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
1. COVER DEDI 46.pdf
Download (45kB)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (76kB)
3. BAB 1 46.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
4. BAB II 46.pdf
Download (87kB)
5. BAB III 46.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
6. BAB IV 46.pdf
Download (247kB)
7. BAB V 46.pdf
Download (36kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Menulis Proposal Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMANegeri 1 Segedong”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakahpengaruh model pembelajaran The Power Of Two terhadap kemampuan menulisproposal pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Segedong?” dari masalah umumtersebut terbagi kedalam sub masalah, yaitu: 1. Bagaimanakah kemampuanmenulis proposal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Segedong sebelumditerapkan model pembelajaran The Power Of Two?; 2. Bagaimanakahkemampuan menulis proposal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1Segedong sesudah diterapkan model pembelajaran The Power Of Two? ; 3.Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran The Power Of Twot erhadapkemampuan menulis Proposal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1Segedong?.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Bentuk penelitian adalah Pre- Eksperimental Design. Pre- Eksperimental Design ini menggunakan tipe One-Group Pretest-Posttest. Populasi yang menjadi data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Segedong yang terdiri dari tujuh kelas dan berjumlah 238 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Teknik Pengukuran, 2) Teknik Studi Dokumenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) Tes, 2) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan rumus mencari rata-rata (mean), uji normalitas, homogenitas, ujit, dan effect size.
Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkan model The Power Of Two siswa memperoleh nilai keseluruhan 2004, nilai rata-rata 62,62, tergolong cukup, standar deviasi 12,46 dan setelah diterapkan model pembelajaran The Power Of Two siswa memperoleh nilai keseluruhan 2504, nilai rata-rata 78,25, tergolong baik standar deviasi 10,30. Analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh hasil pada taraf signifikan 5% harga t_tabel = 2,040 t_hitung 18,79, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis data tersebut adalah; terdapat pengaruh model pembelajaran The Power Of Two terhadap kemampuan menulis proposal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Segedong.
Saran dalam penelitian ini 1) untuk guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Segedong dapat dijadikan model pembelajaran The Power Of Two sebagai salah satu alternatif model atau strategi dalam pembelajaran menulis proposal di sekolah dan 2) siswa memiliki kemampuan yang berbeda, jauh lebih baik jika guru memfokuskan perhatian pada siswa yang memiliki kemampuan rendah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 05:33 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 05:33 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/564 |