Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT

DUBAU, MAGDALENA NOVIANA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (454kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (507kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) pada materi bilangan bulat, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bilangan bulat. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yakhalusti Pontianak dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan tetap diperoleh kelas VII A dan VII B.
Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) serta pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) tidak lebih baik dari
pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Akan tetapi, dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test menunjukkan kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dapat disebabkan karena siswa terbiasa dengan pembelajaran konvensional yang dimana siswa hanya
menerima pelajaran dari guru sehingga proses keterlibatan siswa dalam menentukan materi akan dipelajari dan akan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata, dengan materi lain, dan dengan pelajaran yang belum optimal.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW), kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 13 Feb 2024 09:01
Last Modified: 13 Feb 2024 09:01
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item
View Item