Search for collections on digilib

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DI SMAS HIDAYATUL MUHSININ KUBU RAYA

Sukma, Mediyan (2023) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DI SMAS HIDAYATUL MUHSININ KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (7kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Fasilitas Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Teknologi Informasi di SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi sub masalah (1) Gambaran Umum Fasilitas Belajar, Kreativitas Siswa, dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Mata Pelajaran Teknologi Informasi di SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya?; (2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya mata pelajaran Teknologi Informasi?; (3) Pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa di SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya pada mata pelajaran teknologi informasi?; (4) Pengaruh fasilitas
belajar dan kreativitas secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya mata pelajaran Teknologi Informasi?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara obyektif, adapun tujuan penelitian ini yang pertama yaitu mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi di kelas X, XI dan XII SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya,
mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi di kelas X, XI dan XII SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya, mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas siswa secara bersama�sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi di kelas X, XI dan XII SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya.
Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu, variabel bebas meliputi fasilitas belajar dan kreativitas siswa sedangkan untuk variabel terikat yakni hasil belajar siswa yang diambil nilai rata-rata dari nilai PTS (Penilaian Tengah Semester) semester ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya tahun ajaran 2022-2023 yang terdiri dari 3 kelas sedangkan pemilihan sampel ini menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik komunikasi tidak langsung dan Teknik studi dokumenter, dengan alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sebelum digunakan alat pengumpulan data tersebut telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Teknik
analisis data dari hasil penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian adalah berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa fasilitas belajar, kreativitas siswa dan hasil belajar siswa tergolong tinggi. Berdasarkan analisis inferensial diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar begitu pula dengan kreativitas siswa dengan hasil belajar. Untuk secara bersama-sama tidak ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan kreativitas siswa terhadap
hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa Gambaran umum fasilitas belajar, kreativitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi SMA
Hidayatul Muhsinin Kubu Raya sudah tergolong tinggi hingga sangat tinggi, Variabel fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Teknologi Informasi siswa kelas X,XI,XII SMA Hidayatul Muhsinin
Kubu Raya. Berdasarkan hasil analisis diketahui koefisien determinan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Hidayatul Muhsinin pada mata pelajaran sebesar 0,052% atau tergolong sangat rendah, Variabel kreativitas siswa tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Teknologi Informasi siswa kelas X,XI,XII SMA Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Berdasarkan hasil analisis diketahui koefisien determinan kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Hidayatul Muhsinin pada mata pelajaran sebesar 0,018% atau tergolong sangat rendah, dan Variabel fasilitas belajar dan kreativitas siswa secara
bersama-sama juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai f-hitung 3,125 > f-tabel yaitu 3,16.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:50
Last Modified: 01 Sep 2023 07:50
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item
View Item