Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TAMAN STATISTIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PONTIANAK

YURITA, YURITA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TAMAN STATISTIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (403kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SMP Negeri 12 Pontianak diketahui bahwa media pembelajaran video interaktif menggunakan alat peraga taman statistika belum pernah di gubakan di SMP Negeri 12 Pontianak sehingga menjadi salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di kelas, dengan adanya media pembelajaran video interaktif menggunakan alat peraga taman statistika siswa lebih aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran video interaktif menggunakan alat peraga
taman statistika pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 12 Pontianak. Jenis penelitian ini mengguakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluation). Data yang diperoleh akan dianalisi dengan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media pembelajaran video interaktif menggunakan alat perga taman statistika pada materi statistika yaitu materi, alat peraga, video interaktif. Dari hasil penelitian yaitu layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi ahli media
sebesar 92,66% dan validasi ahli materi sebesar 90.59% dengan kriteria “sangat Valid”. Selanjutnya respon siswa 93,37% dan respon guru 98,00% dengan kriteria “sangat praktis”. Keefektifan media pembelajaran 80% dengan kriteria “efektif”

Kata Kunci: Video Interaktif, Alat Peraga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:48
Last Modified: 11 Aug 2023 07:48
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item
View Item