Search for collections on digilib

PERBANDINGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PONTIANAK

SITI, BALQIS (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (412kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (458kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rata-rata kemampuan representasi masalah matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. (2) Rata-rata kemampuan representasi masalah maternatis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran problem based learning pada materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. (3) Rata-rata kemampuan representasi masalah matematis siswa antara
yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik dari model pembelajaran problem based learning pada materi persamaan persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan
rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas terdiri dari empat kelas yaitu XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Pengambilan sampel dan kelas dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster ramdom sampling dan kelas yang terpilih sebagai sampel adalah XI MIPA 1 dan XI MIPA 3.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan representasi masalah matematis siswa materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan nilai rata-rata awal sebesar 69,80 dan nilai rata-rata akhir sebesar 76,80. (2) Kemampuan representasi masalah matematis siswa materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata awal sebesar 64,83dan nilai rata-rata akhir sebesar 72,07 (3) Rata-rata Kemampuan representasi masalah matematis siswa MAN 1 Pontianak yang menggunakan model contextual teaching and learning lebih dari pada menggunakan model problem based learning.

Kata Kunci: Model Pembelajaran contextual teaching and learning dan problem based learning, Kemampuan Representasi Masalah Matematis, Persamaan Trigonometri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:39
Last Modified: 14 Sep 2022 06:39
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item
View Item