SITI, BALQIS (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (412kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (458kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (311kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rata-rata kemampuan representasi masalah matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. (2) Rata-rata kemampuan representasi masalah maternatis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran problem based learning pada materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. (3) Rata-rata kemampuan representasi masalah matematis siswa antara
yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning lebih baik dari model pembelajaran problem based learning pada materi persamaan persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan
rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas terdiri dari empat kelas yaitu XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Pengambilan sampel dan kelas dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster ramdom sampling dan kelas yang terpilih sebagai sampel adalah XI MIPA 1 dan XI MIPA 3.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan representasi masalah matematis siswa materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan nilai rata-rata awal sebesar 69,80 dan nilai rata-rata akhir sebesar 76,80. (2) Kemampuan representasi masalah matematis siswa materi persamaan trigonometri di kelas XI MAN 1 Pontianak yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata awal sebesar 64,83dan nilai rata-rata akhir sebesar 72,07 (3) Rata-rata Kemampuan representasi masalah matematis siswa MAN 1 Pontianak yang menggunakan model contextual teaching and learning lebih dari pada menggunakan model problem based learning.
Kata Kunci: Model Pembelajaran contextual teaching and learning dan problem based learning, Kemampuan Representasi Masalah Matematis, Persamaan Trigonometri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:39 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1258 |