ALBERTUS, PRAYOGA (0020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SECARA DARING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYAN HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (440kB)
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (660kB)
BAB 2 - LANDASAN TEORI.pdf - Published Version
Download (898kB)
BAB 3 - METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (784kB)
BAB 5 - PENUTUP.pdf - Published Version
Download (574kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (310kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Secara Daring Tipe Numbered Heads Together dan Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa dalam Materi
Operasi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Kayan Hilir”. Tujuan dalam penelian ini adalah untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa dalam materi operasi aljabar di kelas VII SMP N 2 Kayan Hilir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan bentuk rancangan penelitian Factorial Design 2 × 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Kayan Hilir yang berjumlah 98 siswa yang terdiri dari 4 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kelas
control dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas ekperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat yang dilakukan adalah dengan metode Lilifors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh : 1) model pembelajaran Numbered Heads Together memberikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi aljabar. 2) Siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama pada materi operasi aljabar. 3) Pada model pembelajaran
Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing, siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama dalam materi operasi aljabar. 4) Pada setiap kategori motivasi belajar siswa, model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama.
Kata Kunci: Numbered Heads Together, Snowball Throwing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1095 |