Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SECARA DARING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYAN HILIR

ALBERTUS, PRAYOGA (0020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SECARA DARING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYAN HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (440kB)
[thumbnail of BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (660kB)
[thumbnail of BAB 2 - LANDASAN TEORI.pdf] Text
BAB 2 - LANDASAN TEORI.pdf - Published Version

Download (898kB)
[thumbnail of BAB 3 - METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB 3 - METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[thumbnail of BAB 5 - PENUTUP.pdf] Text
BAB 5 - PENUTUP.pdf - Published Version

Download (574kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Secara Daring Tipe Numbered Heads Together dan Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa dalam Materi
Operasi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Kayan Hilir”. Tujuan dalam penelian ini adalah untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa dalam materi operasi aljabar di kelas VII SMP N 2 Kayan Hilir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan bentuk rancangan penelitian Factorial Design 2 × 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Kayan Hilir yang berjumlah 98 siswa yang terdiri dari 4 kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen dan kelas
control dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas ekperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat yang dilakukan adalah dengan metode Lilifors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh : 1) model pembelajaran Numbered Heads Together memberikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi aljabar. 2) Siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama pada materi operasi aljabar. 3) Pada model pembelajaran
Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing, siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama dalam materi operasi aljabar. 4) Pada setiap kategori motivasi belajar siswa, model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Snowball Throwing memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama.

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Snowball Throwing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 25 Aug 2022 09:12
Last Modified: 25 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item
View Item