URAY, RAHMA DWI PUTERI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAN 2 SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
abstrak.pdf - Published Version
Download (261kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (368kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (460kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (595kB)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (149kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (223kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMAN 2 Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dan termasuk dalam penelitian
Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS dan sampelnya adalah XI IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, dan dokumentasi sedangkan alat pengumpulan data berupa tes berbentuk pilihan ganda. Hasil tersebut menyatakan bahwa rata-rata Post-test kelas kontrol adalah 72.24 dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen adalah 78.18. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.027. Dengan demikian, Ha diterima. Perhitungan ukuran Effect Size mendapatkan 0,62 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dibuktikan bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi di kelas XI SMAN 2 Sambas.
Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1051 |