Puput Noviyanti (2020) Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf
Download (84kB)
BAB I.pdf
Download (229kB)
BAB II.pdf
Download (351kB)
BAB III.pdf
Download (323kB)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan
open-ended untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman.
Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan
berpikir kritis siswa sebelum diterapkan pendekatan open-ended di kelas X SMA
Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 2)
Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended di
kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel. 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signfikan setelah
diajarkan dengan pendekatan open-ended di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman
pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 4) Besar peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended di
kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
ekperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreExperimental
Design. Rancangan yang digunakan adalah One-Group PretestPosttest
Design,
yang
merupakan
perlakuan
yang
membandingkan
antara
keadaan
sebelum
dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 01 Nanga Taman. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X MIA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini teknik pengukuran yaitu pemberian tes kemampuan berpikir
kritis kepada siswa mengenai materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Alat
pengumpulan data dalam penelitian adalah tes akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan
diperoleh kesimpulan umum bahwa penerapan pendekatan open-ended untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan
linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman diuraikan sebagai
berikut: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan pendekatan
open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA
Negeri 1 Nanga Taman diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,50 dengan kriteria
cukup. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan openended
pada
materi
sistem
persamaan
linear
tiga
variabel
di
kelas
X
SMA
Negeri
1
Nanga Taman diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,17 dengan kriteria baik. 3)
Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah
diterapkan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga
variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. 3) Peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa setelah diterapkan pendekatan open-ended pada materi sistem
persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman sebesar
0,36 yang tergolong dalam kriteria sedang.
Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan berpikir kriris siswa, Sistem
persamaan linear tiga variabel.
iii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/672 |