Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK

TYARA, HARDYANTI SUHARNO and ARDIAN, ARIFIN, S.KOM, M.Pd and RYAN, PERMANA, ST., M.Pd (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III (Autosaved).pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pada SMK Ethika Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (2) Rancangan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (3) Uji kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (4) Respon guru dan siswa menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Borg & Gall. Adapun tahap-tahap tersebut yaitu : Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form a Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, pengembangan media pembelajarab berbasis e-learning dengan model ini hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu Operasional product Revision saja, dikarenakan
terbatasnya subjek uji coba. Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari subjek pengembangan ( ahli atau validator) dan subjek uji coba produk guru dan siswa. Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah ahli atauvalidator yang menguasai bidangnya, untuk ahli dipilih dua orang dosen IKIP PGRI Pontianak yang menguasai bidang pengembangan media. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 13 orang dan siswa 30 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Rancangan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak diawali dengan pembuatan Storyboard, flowchart, DFD, ERD dan yang terakhir pembuatan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan moodle. Kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning diperoleh nilai rata-rata 85,79% dengan kata lain media pembelajaran ini sangat layak digunakan. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika Pontianak mendapat respon yang baik dari guru d siswa dibuktikan dengan prolehan angket uji coba terbatas 78,38% dengan kategori setuju dan uji coba lapangan utama 79,45% dengan kategori setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:06
Last Modified: 12 Mar 2019 05:06
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item
View Item