MEGA, SRI ASTUTI and MAI, YULIASTRISIMARMATA, M.Pd and DEWI, LENI MASTUTI, M.Pd (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
2. RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (67kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
BAB II.pdf
Download (62kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
BAB IV.pdf
Download (197kB)
BAB V.pdf
Download (94kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (42kB)
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Concept
Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA
Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu:“
Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran concept sentence terhadap
kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat
Kabupaten Sambas?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendapatkan informasi serta kejelasan obyektif mengenai pengaruh model
pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa
kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah “Model Pembelajaran Concept Sentence” dan varibel
terikatnya adalah “Kemampuan Menulis Teks Anekdot”. Metode penelitian ini
adalah eksperimen dan bentuknya adalah Quasi-Experimental design dengan pola
Nonequivalent group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah
252 orang siswa dan sampelnya berjumlah 72 orang yang terbagi menjadi 2 kelas,
yaitu kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas
kontrol.
Simpulan secara umum penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis
teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas.
Sedangkan kesimpulan secara khusus yaitu: 1) Kemampuan menulis teks anekdot
siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran concept
sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas dapat
diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,88 dikategorikan baik. 2)
Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas kontrol setelah menggunakan
model pembelajaran concept sentence pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat
Kabupaten Sambas dapat diketahui nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70,83
dikategorikan baik. 3) Terdapat pengaruh kemampuan menulis teks anekdot siswa
kelas eksperimen setelah penerapan model pembelajaran concept sentence dan
kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran konvensional pada kelas X
SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji t-test pada ߙ = 0,05 didapat t-hitung > t-tabel atau 2,17 > 1,66,
maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan pada temuan penelitian, maka disarankan sebagai berikut: 1)
Bagi guru bahasa Indonesia selalu meningkatkan keterampilan dasar mengajar
yang meliputi: keterampilan pedagogik, keterampilan professional, keterampilan
kepribadian dan keterampilan sosial. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar
mengajar dapat lebih optimal dan hasil yang diharapkan juga dapat tercapai sesuai
dengan apa yang diharapkan. 2) Bagi guru bahasa Indonesia disarankan untuk
menggunakan model pembelajaran concept sentence dalam proses belajar
mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, agar siswa selalu antusiasme dalam
mengikuti pelajaran di kelas, dan pada akhirnya hasil belajar mereka menjadi
lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 08:08 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 08:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/558 |