Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA

NANIK, SUNDARI and MUHAMAD, FIRDAUS, M.Pd and MELIA, MELIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI] Text (RINGKASAN SKRIPSI)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian untuk mengetahui, untuk memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Adapun tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Rata-rata hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 2) Rata-rata hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 3) Peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara.
Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas “Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)”, variabel terikat “kemampuan menulis puisi”.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one group pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara yang terdiri dari jumlah populasi 132 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, pengukuran dan studi dokumenter, sedangkan alat pengumpul datanya adalah pedoman wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab sub masalah pertama dan kedua menggunakan rumus mean (rata-rata)dan untuk menjawab sub masalah ketiga menggunakan rumus standar deviasi, chi quadrat, uji t dan Normalized gain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:08
Last Modified: 31 Jan 2019 06:08
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item
View Item