NANIK, SUNDARI and MUHAMAD, FIRDAUS, M.Pd and MELIA, MELIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (150kB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
BAB II.pdf
Download (271kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
BAB IV.pdf
Download (275kB)
BAB V.pdf
Download (201kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
Abstract
Tujuan umum penelitian untuk mengetahui, untuk memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Adapun tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Rata-rata hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 2) Rata-rata hasil belajar keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); 3) Peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara.
Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas “Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)”, variabel terikat “kemampuan menulis puisi”.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design dan rancangan penelitian one group pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara yang terdiri dari jumlah populasi 132 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, pengukuran dan studi dokumenter, sedangkan alat pengumpul datanya adalah pedoman wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab sub masalah pertama dan kedua menggunakan rumus mean (rata-rata)dan untuk menjawab sub masalah ketiga menggunakan rumus standar deviasi, chi quadrat, uji t dan Normalized gain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 06:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 06:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/549 |