Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN NILAI AKHIR MAHASISWA KELAS B PAGI SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

NUNUNG, BUDI ARDI and DONY, ANDRASMORO, M.Pd and EVILIYANTO, EVILIYANTO, M.PD (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN NILAI AKHIR MAHASISWA KELAS B PAGI SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI] Text (RINGKASAN SKRIPSI)
4. Ringkasan Skripsi.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I Print.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II Print.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III Print.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV Print--.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V Print.pdf

Download (89kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai akhir mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikelas B Pagi semester VI Prodi Pendidikan Geografi. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikelas B Pagi semester VI Prodi Pendidikan Geografi, 2) Nilai akhir mahasiswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikelas B Pagi semester VI Prodi Pendidikan Geografi, 3) Peningkatan nilai akhir mahasiswa dikelas B Pagi semester VI Prodi Pendidikan Geografi menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tindakan dan variabel masalah. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)”, Variabel masalah dalam penelitian ini adalah “nilai akhir” yang diperoleh setelah mahasiswa mengikuti proses perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action reseach (CAR), yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat dari tindakan yang diterapkan pada suatu obyek penelitian di kelas. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kolaboratif
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas B Pagi semester VI Prodi Pendidikan geografi yang terdiri dari 31 mahasiswa, 5 laki-laki dan 26 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dengan menggunakan alat pengumpul data berupa Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG), teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes nilai akhir, dan teknik dokumenter alat yang digunakan berupa dokumentasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item
View Item