Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PEMANGKAT

VIRGINIA, DWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PEMANGKAT. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf - Published Version

Download (451kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas X IPS SMA Negeri 1 Pemangkat. Secara terperinci tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent dengan menggunakan model pembelajaran kumon terhadap peserta
didik pada mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri 1 Pemangkat. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent tanpa model pembelajaran kumon terhadap
peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri 1 Pemangkat. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri 1 Pemangkat. Adapun bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy experimental design. Dengan desain faktorialnya 2 x 2 adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Kumon, variabel terikatnya adalah pemahaman matematis siswa dan variabel moderatornya adalah Gaya kognitif siswa (Field Dependent dan Field Independent). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3 SMA Negeri 1 Pemangkat tahun ajaran 2022/2023.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 (kelas kontrol) dan X IPS 2 (kelas eksperimen). Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pemangkat yang ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent dengan menggunakan model pembelajaran Kumon terhadap peserta didik. (2) Terdapat peningkatan pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent tanpa model pembelajaran kumon terhadap peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X di SMA Negeri 1 Pemangkat. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada matapelajaran matemtaika kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan antara kelas eksperimen dan kelas control terdapat peningkatan. Kelas eksperimen lebih memiliki nilai yang bagus disbanding kelas control.

Kata Kunci: Kumon, Pemahaman Matematis, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item
View Item