Uki, Yunita (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TERIAK KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRA & RINGKASAN SKRIPSI YUNITA.pdf - Published Version
Download (92kB)
BAB I YUNITA.pdf - Published Version
Download (206kB)
BAB II YUNITA.pdf - Published Version
Download (311kB)
BAB III YUNITA.pdf - Published Version
Download (411kB)
BAB IV YUNITA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
BAB V YUNITA.pdf - Published Version
Download (10kB)
DAFTAR PUSTAKA YUNITA.pdf - Published Version
Download (146kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inquiry Learning Pada Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Teriak Kabupaten Bengkayang tahun 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, pada tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teriak Kabupaten Bengkayang Tahun 2023/2024 sebanyak 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil belajar Siswa meningkat setelah menggunakan Model Inquiry Learning dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 50%, dan pada siklus 2 sudah mencapai
target yang telah ditetapkan yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus I kemampuan mengenal negara-negara asean siswa rata-rata adalah 68,833, dan yang mendapat nilai di atas 68 (berdasarkan KKM) sebanyak 15 siswa (50%), kemudian pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata adalah 73,833 dan yang mendapat nilai mencapai KKM sebanyak 24 siswa (80%). Pada akhir siklus 2 hasil belajar siswa mencapai target yang diharapkan yaitu 70% siswa dapat mencapai nilai KKM.
Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Inquiry Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 10:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 10:01 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2337 |