Search for collections on digilib

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGENALAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK DI KELAS IX SMP NEGERI 2 NGABANG KABUPATEN LANDAK

EMILIYA, EMILIYA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGENALAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK DI KELAS IX SMP NEGERI 2 NGABANG KABUPATEN LANDAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK(1).pdf] Text
ABSTRAK(1).pdf - Published Version

Download (535kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of BAB II(3).pdf] Text
BAB II(3).pdf - Published Version

Download (489kB)
[thumbnail of BAB III(3).pdf] Text
BAB III(3).pdf - Published Version

Download (700kB)
[thumbnail of BAB V(5).pdf] Text
BAB V(5).pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(3).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA(3).pdf - Published Version

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar
siswa pada materi pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak di kelas IX SMP Negeri 2 Ngabang Kabupaten Landak; 2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak di kelas IX SMP Negeri 2 Ngabang Kabupaten Landak; 3Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pengenalan perangkat keras dan perangkat lunak. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari subjek Eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) yaitu; 2 orang ahli Validator intrumen dan 1 orang ahli Guru sebagai validasi intrumen, dan subjek uji validasi yaitu; 30 orang siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ngabang Kabupaten Landak. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; 1) Teknik Observasi Langsung; 2) Teknik tes; 3) Dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari ahli validator dan ahli Guru sebagai validasi diperoleh skor presentase kelayakan media sebesar 86% yang berada pada kategori “Sangat Layak”. Dan untuk respon siswa diperoleh skor presentase sebesar 91% yang berada pada kategori “Sangat Baik”.

Kata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, kooperatif tipe jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:58
Last Modified: 29 Feb 2024 07:58
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item
View Item