CYNDI, AGUSTINA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CIPRO (CITIZEN PROSEDUR) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BONTI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (83kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (360kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (491kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB)
Abstract
Judul penelitian ini peningkatan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Bonti. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan dan hasil pembelajaran materi teks prosedur dengan model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Bonti? Secara khusus, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan peningkatan pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) Ruang Lingkup Penelitian dalam penelitian ini dibedakan menjadi : 1) Variabel masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran materi menulis teks prosedur. 2) Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan
(observing) dan refleksi (reflecting). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode partisipatori, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Alat penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes, dan
dokumentasi. data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) dapat meningkat hasil belajar menulis teks prosedur, Dari hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar menulis teks prosedur yang dilakukan oleh siswa meningkat. Pada kondisi awal 42,42%, pada akhir siklus I meningkat menjadi 63,63% dan pada akhir siklus II 81,81%. Indikator target capaian pada siklus II adalah 75%. Dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan, prosentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 81,81%,
artinya target capaian pada siklus II sudah tercapai. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis teks prosedur dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran (Citizen prosedur), hal ini dapat terlihat siswa cukup senang dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:02 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:02 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2296 |