Kusuma, Weli (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 SATAP BELIMBING KABUPATEN MELAWI. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (184kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (325kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (514kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (501kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (290kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul tentang "Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing Kabupaten Melawi". Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa melalui metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing Kabupaten Melawi. Tujuan Khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1. Untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing Kabupaten Melawi. 2. Untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan metode sosiodrama dalam minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing Kabupaten Melawi. 3. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan mengunakan metode sosiodrama untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap
Belimbing Kabupaten Melawi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan merupakan suatu pencerminan terhadap kegiatan pembelajaran berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan. Penelitian ini berusaha mengkaji, merefleksi secara kritis dalam suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja guru, interaksi antara guru dan siswa, serta interaksi antar siswa di kelas.
Hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan, telah tercapai tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode sosiodrama pada pembelajaran IPS Terpadu, dapat dilihat dari presentase
peningkatan minat belajar siswa siklus I sebesar 68,02% dan siklus II sebesar 76,52% maka siklus ini akan berhenti di siklus II karna siklus II sudah mencapai 70% dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII. Maka dari itu dapat diajukan saran sebagai berikut: Saran kepada pihak sekolah. Perlu lebih banyak memberikan perhatian kepada masyarakat di sekitarnya. Pengawasan dan pengembangan SDM diutamakan yang terkait dengan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pelajar di SMP Negeri 5 Satap Belimbing. 2. Terkait dengan metode pembelajaran (rekan guru), ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat bejalar siswa, yaitu: a)
Diperlukan sebuah metode yang tepat sebagai alternatif yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran, agar siswa mampu belajar dengan baik sebagaimana mestinya sehingga mampu mendapatkan hasil yang memuaskan. b) Membangkitkan minat belajar siswa, pendidik harus mengenali faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa untuk menyediakan metode pembelajaran yang tepat. c) Meningkatkan pembelajaran menggunakan metode sosiodrama pada mata pembelajaran IPS Terpadu bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. 3. Untuk penelitian lanjutan, penelitian ini masih perlu dikembangkan, dengan melakukan evaluasi serta melakukan eksplorasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa selain yang diuraikan
sebelumnya.
Kata Kunci: Sosiodrama. IPS Terpadu. Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:09 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2251 |