USWANDI, USWANDI (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 2 SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI USWANDI.pdf - Published Version
Download (170kB)
BAB I USWANDI.pdf - Published Version
Download (172kB)
BAB II USWANDI.pdf - Published Version
Download (119kB)
BAB III USWANDI.pdf - Published Version
Download (363kB)
BAB IV USWANDI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
BAB V USWANDI.pdf - Published Version
Download (85kB)
DAPUS USWANDI.pdf - Published Version
Download (67kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai 1). Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Yang Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Di Kelas XI SMAN 2 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu, 2). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pembelajaran Geografi Kelas XI SMAN 2 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif, dengan tujuan memperoleh deskrisi atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai “ Pendidikan Karater Dalam Pembelajaran Kelas XI 2 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu”. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban berupa angka data dengan format angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi dari kelas X sampai kelas XII Sekolah SMAN Kelas 2 Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu dengan jumlah 103 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan
alat observasi dan angket.
Berdasarkan hasil observasi peneliti proses pebelajaran Geografi kelas XI iis SMAN 2 Selimbau, dalam strategi pembelajaran guru menggunakan metode diskusi kelompok guna untuk meningkatkan kerjasama antar peserta didik dikelas.Berdasarkan hasil skala likert yang sudah di isi oleh siswa maka didapatkan kesimpulan dari beberapa dari pengolahan data Karakter Siswa didapatkan menunjukan kategori “Baik”. Hal ini dimaknai bahwasanya siswa sudah memiliki sikap, Jujur (62%), Dispilin(53%),Percaya Diri(54%), Peduli(60%), Gigih(62%), Toleransi(63%), Kreatif(65%), Bertanggung Jawab(57%), Relegius(52%). dari presentase tersebut maka hasil keseluruhan jumlah presentase (59%) dengan skor aktual 3294 dan skor ideal 5600. dengan
Pendidikan Karakter berkategori “Baik” menggunakan rumus M.Ali (1998: 177).
Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Geografi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 08:08 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 08:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2226 |