Search for collections on digilib

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TAYAN HULU

SANJAYA, FREDI (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TAYAN HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of Abstrak & Ringkasan Skripsi.pdf] Text
Abstrak & Ringkasan Skripsi.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (555kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (577kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pertemuan dari model SAVI dalam peningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi diterapkan pada siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tayan Hulu. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tayan Hulu terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter. Adapun alat pengumpulan data digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, instrumen tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini telah dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk pembelajaran dan pertemuan kedua digunakan untuk memberikan penguatan materi, pengayaan dan tes evaluasi. Pada setiap siklus dalam penelitian ini terdapat 4 kegiatan, yaitu: perencanaan, penerapan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan model Savi mengalami peningkatan. Dibuktikan dengan proses pembelajaran dimana siswa menjadi lebih aktif, berminat dan termotivasi dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Savi, Menulis, Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:30
Last Modified: 11 Jan 2024 02:30
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item
View Item