AMBARWATI, ESTIRA DEWI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMPANG HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (203kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (313kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (358kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (897kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi matematis siswa pada materi matriks ditinjau dari self-efficacy kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Simpang Hilir yang berjumlah 28 siswa. Dari 28 siswa akan
dikategorikan berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. Penelitian ini diawali dengan memberikan angket self-efficacy, tes soal kemampuan literasi numerasi, dan wawancara untuk mengkategorikan tingkat kemampuan siswa. Setelah ini dilanjutkan dengan menganalisis dan dikategorikan berdasarkan self-efficacy dan tingkat kemampuan literasi numerasi untuk menentukan subjek penelitian yang akan diwawancarai dengan memilih 9 subjek yang terdiri dari 3 siswa memiliki self-efficacy tinggi, 3 siswa memiliki self-efficacy sedang, dan 3 siswa lagi memiliki self-efficacy rendah. Dari hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang memiliki self-efficacy tinggi memenuhi 3 indikator yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagian, diagram, dan sebagainya), dan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. siswa yang memiliki self-efficacy sedang memenuhi 2 indikator yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagian, diagram, dan sebagainya). Dan siswa yang memiliki self-efficacy rendah hanya memenuhi 1 indikator saja yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi Matematis, Self-efficacy, Matriks
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 08:11 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 08:11 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/2140 |