SANTOSO, IFAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (152kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (631kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (737kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (733kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB)
Abstract
Tujuan skripsi ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran model Cooperative Learning tipe Teams Assisted Individualization untuk meningkatkan keterampilan passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tayan Hulu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Menurut Arikunto Suharsimi (2011:2) penelitian tindakan merupakan Penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pembelajaran Cooperative adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Teams Assisted Individualization adalah model pembelajaran ini menitikberatkan pada perbedaan pengetahuan awal setiap siswa untuk mencapai hasil belajar, Guru menyajikan materi dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing-masing.Permainan sepak bola salah satu teknik dasar yang paling dominan digunakan adalah passing. Passing dalam permainan sepakbola adalah seni memindahkan momentum bola dari satu permain ke pemain lainnya. Sepak bola mempunyai sejarah yang cukup tua sekali walaupun bentuk dan peraturan permainan yang terdahulu tidak sama yang sekarang ini Kesimpulan Berdasarkan pengamatan pra observasi yang telah dilakukan dalam pembelajaran pendidikan olahraga dan kesehatan khususnya cabang olahraga sepak bola, ini disebabkan karena proses pembelajarannya terlalu monoton. Sehingga masih jauh dari ketuntasan, terlihat dari jumlah siswa kelas XI IPA terdapat 34 siswa, 38,24% terdiri 13 siswa yang mencapai KKM dan 61,76% terdiri dari 34 siswa yang belum mencapai KKM, dinyatakan tuntas bila mencapai
persentase 75%. Proses pembelajaran passing bola di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tayan Hulu juga memiliki permasalahan yang sama. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada materi mengoper bola yang belum optimal. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, proses pembelajaran mengoper bola di sekolah tersebut terkendala dengan minimnya fasilitas olahraga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 08:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1827 |