Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM BENTUK POSTER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIMPANG HILIR

Rahayu, Mesy Saputri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS APLIKASI CANVA DALAM BENTUK POSTER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SIMPANG HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (82kB)

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar terutama untuk meningkatkan keaktifan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun saat ini belum banyak pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru terutama guru geografi di SMA Negeri 2 Simpang Hilir. Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran geografi berbasis aplikasi Canva dalam bentuk poster. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan
studi dokumenter, dan untuk alat pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner angket. Uji coba produk dilakukan di kelas X B SMA Negeri 2 Simpang Hilir. Adapun hasil penelitiannya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi dengan rata-rata skor sebesar 87,7% (sangat valid), dari ahli media dengan rata-rata skor sebesar 88,2% (sangat valid). Dan untuk hasil validasi respon guru dengan rata-rata skor sebesar 97,5% (sangat praktis), dari hasil validasi respon siswa dengan rata-rata
skor sebesar 85,6% (sangat praktis). Secara keseluruhan, penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan oleh peneliti menghasilkan rata-rata skor 87,9% dengan kriteria sangat valid, untuk penilaian respon guru dan siswa menghasilkan rata-rata skor 90,2% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dari data tersebut maka media pembelajaran geografi berbasis aplikasi Canva dalam
bentuk poster di kelas X SMA Negeri 2 Simpang Hilir dikatakan valid dan praktis layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster Berbasis Aplikasi Canva

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 11 Aug 2023 05:50
Last Modified: 11 Aug 2023 05:50
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item
View Item