Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMAN 1 NANGA TAMAN

SURIYANI, SURIYANI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMAN 1 NANGA TAMAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (262kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMAN 1 Nanga Taman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X MIA SMAN 1 Nanga Taman dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan 2 sampel kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis dan kreativitas menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 42,08 & 60,42, 2) kemampuan berpikir kritis dan kreativitas menggunakan model problem based learning berbantuan media mind map dengan nilai rata-rata 72,43 & 71,18, 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X di SMAN 1 Nanga Taman, 4) Pengaruh model problem based learning berbantuan media mind map pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 2,72 tergolong tinggi dan kreativitas siswa kelas X di SMAN 1 Nanga Taman sebesar 1,65 tergolong tinggi.

Kata Kunci: PBL, mind map, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:52
Last Modified: 25 Jul 2023 07:52
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item
View Item