SETIAWAN, ANDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN OLAHRAGA SEPAK BOLA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (103kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (206kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (423kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB)
Abstract
Penyebaran virus corona pada awalnya sangat berdampak pada dunia ekonomi dan sosial, tetapi kini dampaknya dirasakan juga oleh dunia pendidikan. Penutupan lembaga pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar sampai jenjang perguruan tinggi akibat pandemi Covid-19 ini, memiliki pengaruh yang besar
dalam proses pendidikan. Berdasarkan hasil dari observasi di SMK Muhammadiyah 1, sekolah ini telah menerapkan pembelajaran daring sebagai solusi dari adanya penerapan physical distancing tersebut. Seluruh peserta didik dan guru telah menggunakan smartphone berbasis android, namun penggunaan yang dilakukan sebatas untuk berkomunikasi, bermain game online maupun offline, serta mengakses berbagai macam jejaring sosial. Dalam proses pembelajarannya guru memiliki berbagai macam bentuk dan jenis media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi
peserta didik. Inovasi pembelajaran dampak Covid-19 sebenarnya membuka paradigma baru bagi lembaga pendidikan yang tidak lagi menggunakan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Dari sistem android ini akan dibuat suatu
media pembelajaran berbasis operasi sistem android dengan bantuan Thunkable.
Dari media berbasis android ini dapat dihasilkan media yang dapat digunakan oleh peserta didik saat sedang pembelajaran di rumah dan membuat peserta didik tidak hanya menggunakan smartphone sebagai tempat bermain game atau alat komunikasi, namun sebagai sumber belajar di dalam maupun di luar kelas.
Penelitian ini sejalan dengan penelitian Joko Kuswanto, dan Ferri Radiansah (2018) yang menyimpulkan bahwa Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah merupakan suatu integrasi terhadap metode belajar yang dipakai.
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sugiyono (2016: 407) menyampaikan bahwa Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menciptakan produk tertentu dan membuktikan keefektifan produk tersebut. Sementara dalam bidang pendidikan Branch (2009:17) mengembangkan produk yang berupa desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Olahraga Sepak Bola telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,32% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh
ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 88,88% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun hasil respon siswa dengan skor akhir 81,03% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran,Android, Kelayakan, Olahraga Sepak Bola
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 05:46 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 05:51 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1685 |