ZULKARNAIN, ZULKARNAIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA SMA MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (658kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (799kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus kelas X IPA SMA Mujahidin Pontianak. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran RICOSRE; (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran Konvensional; (3) Untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Posttest Only Control
Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X IPA SMA Mujahidin Pontianak yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik studi dokumentasi dan teknik
pengukuran. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif, statistik inferensial, statistik parametric dan effect size. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran RICOSRE yaitu rata�rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan tergolong kritis dengan nilai persentase 64,47 %. (2) Kemampuan berpikir kritis setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Konvensional yaitu rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan tergolong cukup dengan nilai persentase 36,61 %. (3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran RICOSRE lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol yang menggukan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model RICOSRE,dan Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 11 May 2023 08:35 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:35 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1642 |