LULU, SOPANDA (2023) DESAIN MEDIA E-BOOKLET TERINTEGRASI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP SANTO FRANSISKUS ASISI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
abstrak.pdf - Published Version
Download (148kB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (360kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (368kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (301kB)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (10kB)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (181kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media e-booklet terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII di SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dalam prosedur penelitiannya menerapkan model pengembangan Thiagarajan yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan produk (development). Subjek pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen IKIP PGRI Pontianak dan 1 orang guru matematika SMP Santo
Fransiskus Asisi Pontianak yang bertugas sebagai validator. Adapun yang dinilai oleh validator adalah kevalidan materi dalam media e-booklet, kevalidan media e�booklet, dan kevalidan lembar instrumen yang akan digunakan dilapangan.
Lembar instrumen tersebut adalah angket lembar validasi dan angket respon terhadap penggunaan media e-booklet. Sedangkan subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIIIA SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak sebanyak 18 orang siswa. Indikator kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini terdiri dari 4 indikator, yaitu: Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator materi dan media terhadap desain media e-booklet terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII di SMP Santo Fransiskus Asisi Pontianak, setelah diakumulasikan diperoleh tingkat kevalidan sebesar 92,86% dengan kriteria sangat valid sehingga media tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian hasil angket respon siswa dan angket respon guru setelah diakumulasikan diperoleh tingkat kepraktisan media e-booklet sebesar 92,07% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya hasil pengerjaan posttest siswa subjek penelitian dari 17 siswa diperoleh 11 orang tuntas dengan skor diatas KKM
(≥70) dan tingkat keefektifan produk sebesar 64,71% dengan kriteria efektif.
Kata kunci: E-Booklet, Video Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Relasi dan Fungsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 07:53 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 07:53 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1634 |