YULIS, RAHMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MARAU KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
2. ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (86kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB)
4. BAB II.pdf - Published Version
Download (320kB)
5. BAB III.pdf - Published Version
Download (220kB)
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
7. BAB V.pdf - Published Version
Download (82kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diterapkan Model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang; 2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah diterapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card pada Materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card pada Materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten
Ketapang.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre-Exprimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang adalah 34,167 dengan kriteria nilai tergolong kurang; 2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang adalah 52,292 dengan kriteria nilai tergolong cukup; 3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Question Card, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 06:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 06:15 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1598 |