Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MARAU KABUPATEN KETAPANG

YULIS, RAHMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MARAU KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
2. ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf - Published Version

Download (320kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diterapkan Model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang; 2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah diterapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card pada Materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card pada Materi Fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten
Ketapang.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre-Exprimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang adalah 34,167 dengan kriteria nilai tergolong kurang; 2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang adalah 52,292 dengan kriteria nilai tergolong cukup; 3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan media Question Card pada materi fungi di Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Question Card, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:15
Last Modified: 28 Mar 2023 06:15
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item