NURUL, SYAMSIAH (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 7 PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (11kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (454kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (467kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (375kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes higher order thinking skill (HOTS) yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Putussibau, menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development) rancangan penelitian Borg and Gall 10 tahapan, tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 8. Tahapan tersebut yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa hasil lembar validasi instrumen tes HOTS dari ketiga ahli (validator) dinyatakan valid. Sedangkan keefektifan instrumen tes HOTS pada penelitian ini, dinyatakan efektif
karena telah memenuhi kriteria keefektifan yang telah ditetapkan pada penelitian ini yaitu dengan analisis dari validitas butir soal, daya pembeda butir soal, indeks
kesukaran butir soal dan reabilitas butir soal.
Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Tes HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 06:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 06:15 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1593 |