SUSANA, HEDYATI BANKO KASUDUPUTI (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X TKJ 3 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF PADA MATERI SPLTV DI SMK N 1 PARINDU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (134kB)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf - Published Version
Download (369kB)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Download (129kB)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (688kB)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (13kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya kognitif sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya kognitif intuitif dalam menyelesaikan masalah matematika. (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya kognitif sistematis dan intuitif dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 siswa kelas X TKJ 3 yang terdiri dari dua siswa bergaya kognitif sistematis tinggi dan dua siswa bergaya
kognitif intuitif tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes gaya kognitif, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman
wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang melalui tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif sistematis mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan representasi simbolik berupa persamaan matematika, mampu menyelesaikan masalah dan menyajikan kembali suatu representasi ke representasi visual berupa diagram batang, mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal dalam bentuk kata-kata secara lisan atau teks tertulis. Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif intuitif mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan representasi simbolik berupa persamaan matematika, mampu menyelesaikan masalah dan menyajikan kembali suatu representasi ke bentuk representasi visual berupa diagram batang namun salah satu subjek tidak mampu menggunakan representasi visual, serta kedua subjek tidak mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal
dalam bentuk kata-kata secara lisan atau teks tertulis.
Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif, Sistematis, Intuitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 07:19 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 07:19 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1566 |