Search for collections on digilib

HAMBATAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

WINDA, WINARTI (2023) HAMBATAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK-1.pdf] Text
ABSTRAK-1.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (203kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (440kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-1.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan belajar siswa dalam menyelesaiakan soal SPLDV berdasarkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitia deskriptif kualitatif, dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sungai Kakap, data yang digunakan adalah hasil peneliti untuk memperjelas hambatan siswa dalam menjawab soal berdasarkan kemampuan pemecahan masalah dengan sumber data yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa tes soal, pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan, pada peneltian ini diperoleh kesimpulan bahwa hambatan siswa yang berkelompok tinggi yaitu salah dalam menentukan rumus dan salah dalam konsep penyelesaian, hambatan siswa pada kelompok sedang yaitu salah dalam menentukan rumus, ketidaksesuaian dalam menggunakan rumus untuk menjawab suatu masalah, dan tidak memeriksa kembali jawaban, dan hambatan siswa dalam kelompok rendah adalah tidak mampu menentukan rumus dan enyelesaiakan permasalahan pada soal tersebut kemudian juga tidak dapat
menyimpulkan hasil jawaban dan tidak memeriksa kembali jawaban setelah menyelesaikan jawaban.

Kata kunci: Hambatan belajar,kemampuan pemecahan masalah, SPLDV

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:47
Last Modified: 10 Mar 2023 08:47
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item
View Item