Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS VII MTS AL-MUJTAHID

GITA, PITRI (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS VII MTS AL-MUJTAHID. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (332kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB)

Abstract

Pembahasan ini untuk mengetahui hasil dari LKPD berbasis Scientific Approach terhadap kemampuan koneksi matematik pada materi operasi pecahan di kelas VII MTS AL-Mujatahid yang sesuai dengan tahap kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Pembahasan ini menerapkan bentuk rancangan pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan pokok, yaitu analysis (Analisis), design (perancangan), development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation
(evaluasi). Subjek pada pembahasan ini yaitu siswa kelas VII MTS AL-Mujtahid sebanyak 14 orang siswa. Dalam pembahasan ini instrumen yang diterapkan merupakan lembar validasi, angket, dan soal pretest posttest. Hasil penelitian yang
pertama adalah validasi LKPD yang berarti nilai rata-rata atas ke-3 ahli senilai 89,33% sesuai kriteria sangat valid. Kedua yaitu nilai kepraktisan, berdasarkan pandangan melalui nilai angket yang diisi guru & siswa yang di akumulasikan
hingga mencapai presentase senilai 92% sesuai kriteria sangat praktis. Kemudian keefektifan, diperiksa melalui hasil uji statistic inferensial menggunakan pretest dan posttest siswa sesuai hasil uji-t yaitu thitung < - ttabel signifikan ( ) Ditemukan perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dan kemampuan koneksi matematik, hingga LKPD di kategorikan efektif. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang berbasis Scientific Approach terhadap
kemampuan koneksi matematik pada materi operasi pecahan di kelas VII MTS tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: LKPD, Scientific Approach, Kemampuan Koneksi Matematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item
View Item