Search for collections on digilib

ANALISIS PROSES BERPIKIR METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP HARAPAN ANANDA

THERESIA, SUKMA MANTILI (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP HARAPAN ANANDA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses berpikir metakognisi dalam pemecahan masalah aritmetika sosial gaya kogniti field dependent dan field independent SMP Harapan Ananda. Berjenis kualitatif deskriptif dengan bentuk studi kasus. Berpikir metakognisi adalah suatu kesadaran tentang kognitif diri sendiri, bagaimana kognitif diri bekerja, serta bagaimana mengaturnya. Aktivitas berpikir metakognisi terdiri dari aktivitas perencanaan, aktivitas monitoring, dan terakhir aktivitas pengevaluasian. Selain itu metakognisi juga berkaitan dengan gaya kognitif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Harapan Ananda yang berada di daerah Kabupaten Kubu Raya dengan jumlah subjek 26 siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik snowball sampling dalam memilih sampel penelitian yang akan diambil sebanyak 4 siswa, 2 diantaranya siswa menggunakan gaya kognitif field dependent dan 2 lainnya untuk gaya kognitif field independent. Adapun untuk pengumpulan datanya peneliti menggunakan pengukuran berupa tes, wawancara, dan melakukan komunikasi tidak langsung menggunakan angket tes GEFT (Group Embedded Figure Test). Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang menggunakan gaya
kognitif field dependent dalam berpikir metakognisi kurang mampu untuk memecahkan masalah matematika, sedangkan siswa yang menggunakan gaya kognitif field independent mampu untuk memecahkan masalah matematika khususnya materi aritmetika sosial.

Kata Kunci: Berpikir Metakognisi; Pemecahan Masalah; Gaya Kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Jan 2023 09:09
Last Modified: 26 Jan 2023 09:09
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item
View Item