LAILIYAL, MUHTIFAH (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP NURUL ISLAM KUBU RAYA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (319kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (423kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (328kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manakah yang memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik pada masing-masing antara model pembelajaran missouri mathematics project bermuatan karakter atau model pembelajaran problem based learning. 2) Manakah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik pada masing-masing siswa yang memiliki self confidence rendah, sedang, atau tinggi. 3) Manakah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik self confidence rendah, sedang, atau tinggi pada masing-masing antara model pembelajaran. 4) Manakah yang memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik antara model pembelajaran missouri mathematics project bermuatan karakter atau model pembelajaran problem based learning.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini asalah metode penelitian eksperimen, dengan bentuk penelitian eksperimen semu, dan rancangan penelitian ini adalah desain faktorial 2 × 3. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D digunakan sampel kelas VIII B dan VIII C yang dipilih secara random menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Model pembelajaran missouri mathematics project bermuatan karakter memberikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama baiknya dengan model pembelajaran problem based learning. 2) Siswa yang memiliki self confidence tinggi memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa yang memiliki self confidence sedang dan rendah, sedangkan siswa yang memiliki self confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang
lebih baik daripada siswa yang memiliki self confidence rendah. 3) Pada model pembelajaran missouri mathematics project bermuatan karakter dan model pembelajaran problem based learning, siswa dengan self confidence tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa dengan self confidence sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan self confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa dengan self confidence rendah. 4) Pada masing-masing self confidence tinggi, sedang dan rendah, kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran missouri mathematics project bermuatan karakter sama baiknya dengan model pembelajaran problem based learning.
Kata Kunci: Missouri Mathematics Project Bermuatan Karaker, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Confidence
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 05:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 05:35 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1286 |