Search for collections on digilib

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI PADA SISWA KELAS X SMAN 01 SUHAID

SUCI, DWI ITARI (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI PADA SISWA KELAS X SMAN 01 SUHAID. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (438kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana proses keterampilan menulis puisi menggunakan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid?”. Dengan sub masalah sabagai berikut 1). Bagaimana proses keterampilan menulis puisi menggunakan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid?. 2)Bagaimana hasil penerapan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid? Secara umum tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejelasan mengenai 1). Untuk mengetahui proses keterampilan menulis puisi menggunakan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid. 2). Untuk mengetahui hasil penerapan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah variabel tindakan dan variabel hasil dengan menggunakan model sugesti-imajinasi pada siswa kelas X SMAN 01 Suhaid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif dengan bentuk Penelitian Tindakan kelas melalui tahap perencanaan , pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian 16 kelas X SMAN 01 Suhaid.
Berdasarkkan hasil dari pengolahan dan analisis data penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid, dengan rincian sebagai berikut :1). Keterampilan
Menulis Puisi Menggunakan Model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid Pada saat pra siklus dengan rata-rata sebesar 48,81 %. persentase 12,5 %. 2). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid Pada saat Siklus I, dengan rata-rata 56, persentase 18,75 %. 3). Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid Pada saat siklus II dengan rata-rata 76, persentase 87,5 %. Sebagaimana hasil observasi yang dilakukan selama Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I dan siklus II bahwa dengan model sugesti-imajinasi dapat mempermudah siswa dalam memahami materi menulis puisi, siswa aktif dalam bertanya dan menjawab pernyataan, siswa menerima
pembelajaran dengan senang dan mampu merangsang siswa untuk berfikir. Dengan demikian materi Menulis Puisi Menggunakan model sugesti-imajinasi Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Suhaid dinyatakan “Meningkat”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:12
Last Modified: 01 Sep 2022 05:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item
View Item