Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MATERI TURUNAN PADA KELAS XI MAN 2 KAPUAS HULU

NURHAYATI, NURHAYATI (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MATERI TURUNAN PADA KELAS XI MAN 2 KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (373kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (367kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui produk awal, kevalidan, implementasi, refleksi serta produk akhir dari modul berbantuan canva terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam materi turunan. Subjek tes dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS MAN 2 Kapuas Hulu yang berjumlah 20 orang. Sedangkan subjek wawancara berjumlah 6 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa dengan nilai tertinggi tes. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Research & Development model 4-D Thiagajaran yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Disseminate (penyebaran).
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan hasil penilaian oleh ahli media dan materi terhadap modul diperoleh persentase indeks gabungan sebesar 87,14% dengan kriteria sangat valid. Hasil observasi diperoleh bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik. Sedangkan keefektifan modul memperoleh presentase indeks 70% siswa tuntas tes setelah belajar menggunakan modul. Dan hasil wawancara diperoleh bahwa terdapat beberapa siswa yang mampu
menyelesaikan semua soal dengan benar serta untuk mengerjakan soal nomor 4 memerlukan waktu yang lebih lama. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika khususnya dalam materi turunan.

Kata kunci : Modul, Canva, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Turunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 25 Aug 2022 09:12
Last Modified: 25 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item
View Item