Search for collections on digilib

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE OLEH GURU GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK

KURNIAWAN, EKO SUHADA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE OLEH GURU GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. ABSTRAK DAN RINGKASAN.pdf] Text
2. ABSTRAK DAN RINGKASAN.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf - Published Version

Download (217kB)
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of 6. BAB 4.pdf] Text
6. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[thumbnail of 7. BAB 5.pdf] Text
7. BAB 5.pdf - Published Version

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menyuke.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design. Teknik pengumpul data yang digunakan, yaitu Teknik
observasi, Teknik observasi tidak langsung, Teknik komunikasi langsung, Teknik komunikasi tidak langsung, Teknik pengukuran, dan Teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan, yaitu panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumenter. Populasi yang menjadi data dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menyuke Kabupaten Landak. Teknik yang digunakan sample random sampling.
Untuk pengolahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teknik analisis data statistik karena dengan Teknik analisis ini dapat memberikan ketegasan serta kepastian secara matematis untuk setiap masalah yang diteliti. Keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menyuke sebelum menerapkan media gambar diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,83% termasuk dalam kategori cukup. Keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menyuke sesudah menerapkan media gambar diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,27% termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media gambar terhadap Keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menyuke, dimana setelah diterapkan media gambar kemampuan siswa dalam menulis teks persuasif mengalami peningkatan, yaitu 74,27%.

Kata kunci : Media Gambar, Keterampilan Menulis, Teks Persuasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Aug 2022 09:13
Last Modified: 22 Aug 2022 09:13
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item
View Item