NADIA, NADIA (2022) ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GALING. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Abstrak.pdf - Published Version
Download (183kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (442kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (467kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (734kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Adapun kasus yang ingin diteliti adaah kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence pada materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X SMA Negeri 1 Galing.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galing jalan Raya Galing, Desa Galing, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes, dan wawancara. Adapun yang akan menjadi subjek dalam penelitian
ini adalah 33 siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galing tahun ajaran 2021/2022.
Pada penelitian self-confidence tinggi dengan kode B1 dan B2 diperoleh kesimpulan bahwa mampu mengerjakan soal penelitian dengan sangat baik pada semua indikator dan tidak mengalami kesulitan. Pada penelitian self-confidence sedang dengan kode B5 dan B17 diperoleh kesimpulan bahwa siswa B5 mengalami kesulitan menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika. Sedangkan siswa B17 mengalami kesulitan pada indikator memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika. Adapun kesulitan terletak pada ketidakmampuan untuk mengingat nama-nama secara teknis, ketidakmampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu
konsep. Pada penelitian self-confidence rendah dengan kode B30 dan B33 diperoleh kesimpulan bahwa siswa B30 tidak mengalami kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematis sedangkan B33 mengalami kesulitan pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep. Adapun kesulitan terletak pada ketidakmampuan untuk mengingat nama�nama secara teknis, ketidakmampuan memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep ketidakmampuan, ketidakmampuan mengingat syarat cukup untuk memberikan istilah suatu objek tertentu, dan dapat menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan hanya lengkap.
Kata Kunci: Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self
Confidence, SPLTV
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:22 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/995 |