RITA, RITA (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII IPS TERPADU SMP NEGERI 6 MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (111kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (494kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (580kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power of Two terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang”
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk menggunakan strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang; (2) Untuk mengungkapakan besarnya pengaruh strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang; (3) Untuk mengtahui Pengaruh menggunakan strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas
VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tru�experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII A dan VIII B. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi
dokumenter. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah panduan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan rumus rataan (mean). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pretest dan posttest.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 71 % dengan kategori baik; (2) Aktivitas belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran The Power Of Two pada siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diperoleh nilai 77 % dengan kategori baik; (3) Terdapat pengaruh pengaruh strategi pembelajaran The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang. Oleh karena itu, model regresi ini dapat dipakai untuk memprediksi variabel aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Monterado Kabupaten Bengkayang, diketahui nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh
terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y), berdasarkan nilai thitung sebesar 30,731 > ttabel 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran The Power Of Two (X) berpengaruh terhadap variabel aktivitas belajar siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:37 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 04:37 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/980 |