Search for collections on digilib

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMAS KATOLIK TALINO SUNGAI AMBAWANG

MARIA, MAGDALENA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMAS KATOLIK TALINO SUNGAI AMBAWANG. [['eprint_typename_data_collection' not defined]]

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (135kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (165kB)

Abstract

iii
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa SMAS Katolik Talino Sungai Ambawang di Desa Korek dengan indikator
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang digunakan adalah kefasihan
(fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Kemampuan berpikir
kreatif matematis adalah kemampuan berpikir yang bertujuan untuk menciptakan
atau menemukan ide baru yang berbeda, tidak umum, orisinil yang membawa
hasil yang pasti dan tepat. Penelitian ini dilakukan kepada 29 siswa disalah satu
kelas di SMAS Katolik Talino Sunga Ambawang di Desa Korek dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa 3
butir soal kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi sistem
persamaan linear dua variabel disertai wawancara kepada 3 orang siswa. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) siswa dengan kemampuan berpikir
kreatif tinggi memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu
aspek kefasihan, aspek fleksibilitas, dan aspek kebaruan; (2) Siswa dengan
kemampuan berpikir kreatif matematis sedang menunjukan bahwa tidak
memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu aspek
fleksibelitas dan aspek kebaruan, sementara hanya aspek kefasihan saja yang
dimiliki siswa tersebut; (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis
rendah siswa tersebut tidak memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif
matematis yaitu aspek kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Kata kunci : Berpikir Kreatif Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: ['eprint_typename_data_collection' not defined]
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMAS KATOLIK TALINO SUNGAI AMBAWANG
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:18
Last Modified: 27 Jul 2022 01:18
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item
View Item