KUSMIATI, IKIP and Bohari, M.Pd and Emusti Rivashinta, M.Pd (2015) ANALISIS PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUBU KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (134kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (100kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (101kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (235kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (208kB)
Abstract
Judul skripsi ini berjudul “Analisis Penggunaan Metode Problem Solving
dalam Pembelajaran Sejarah pada Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Kubu Kabupaten Kubu Raya”, fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana Penggunaan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Sejarah
Pada Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya”,
dengan sub-sub masalah
1) Bagaimana perencanaan guru dalam penggunaan metode problem Solving
dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Kubu Kabupaten Kubu Raya?
2) Bagaimana kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode problem solving
dalam mata pelajaran sejarah pada kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Kubu Kabupaten Kubu Raya?
3) Bagaimana evaluasi guru dalam penggunaan metode problem solving dalam
pembelajaran sejarah pada kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu
Kabupaten Kubu Raya?
4) Bagaimana kendala dalam penggunaan metode problem solving dalam
pembelajaran sejarah pada kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu
Kabupaten Kubu Raya?
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana penggunaan problem solving sebagai metode pembelajaran pada mata
pelajaran sejarah di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu Kabupaten
Kubu Raya. Adapun metode dan bentuk penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, dan bentuk penelitian ini studi survey.
Lokasi penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kubu
Kabupaten Kubu Raya. Subjek penelitian ini adalah beberapa siswa kelas XI IPA1
dan 1 orang guru mata pelajaran sejarah serta 1 orang Waka Kurikulum. Teknik
dan alatpengumpul dalam penelitian ini adalah; 1) observasi langsung, 2) teknik
komunikasi langsung, 3) teknik dokumentar.
Adapun instrument penelitian ini adalah panduan observasi, panduan
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, data
reduction (reduksdara), data display (penyajian data), danverifikasi / penarikan
kesimpulan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 08:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 08:16 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/83 |