FEBRIANUS, ARIE PUTRA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYINGPADA MATERI SUSUNAN TATA SURYA DI KELAS X IIS 3 SMA NEGERI 01 MARAU KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
2. RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (77kB)
BAB I.pdf
Download (106kB)
BAB II.pdf
Download (156kB)
BAB III.pdf
Download (178kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Hendry, Agustinus. 141410172. 2019, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Geografi Menggunakan Model Cooperative Script Di Kelas
XI IPS SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang. Fakultas Ilmu
Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Pendidikan
Geografi IKIP PGRI Pontianak. Pembimbing I: Suherdiyanto, S. Pd.,M.Pd,
Pembimbing II: Rosanti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Cooperative Script
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model Cooperative
Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Geografi di
kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu dengan menggunakan model
Cooperative Script untuk mengukur hasil belajar siswa pada pembelajaran
geografi dikelas XI IPS1 SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua
siklus. Pada siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan pada siklus II dilakukan
dalan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan
pengambilan skor hasil observasi saat proses pembelajaran dan skor hasil belajar
siswa dalam bentuk tes diakhir pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pra
siklus terjadi peningkatan yaitu dari tes 10 siswa yang tuntas mencapai nilai
(KKM) atau sekitar 45% dari rata-rata 69,53, dilanjutkan tes siklus I naik
mencapai 17 siswa yang tuntas 60% dari rata-rata 74,84 kemudian dilanjutkan
siklus II terjadi lagi peningkatan mencapai 27 siswa yang tuntas sekitar 90% dari
rata-rata 83,12 dinyatakan tuntas dalam kriteria ketuntasan minimal. Penerapan
model Cooperative Script pada siswa dapat dilihat dari hasil observasi, siswa
dapat menyelesaikan evaluasi pada pertemuan pertama 66% dari total skor 37
dalam kategori cukup baik. Pertemuan kedua keberanian siswa dalam
mengungkapkan pendapat dalam kelompok mencapai 85% dengan total skor 48,
pertemuan ketiga keberanian siswa mengungkapkan pendapat dan keaktifan siswa
dalam kelompok mencapai 94% dari total skor 53.
iv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 03:23 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:23 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/739 |