NASRULLAH, NASRULLAH (2020) NASRULLAH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
05. Abstrak.pdf
Download (69kB)
07. BAB I.pdf
Download (298kB)
08. BAB II.pdf
Download (167kB)
09. BAB III.pdf
Download (162kB)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan
informasi secara objektif mengenai bagaimana upaya meningkatkan kemampuan
koneksi matematis siswa melalui model pembelajaran connecting, organizing,
reflecting, and extending (CORE) pada materi theorema phitagoras di kelas VIII
MTs Al-Mukhlishin Mempawah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan (action research). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian
tindakan kelas (PTK) ini adalah kelas VIII B MTs Al-Mukhlishin Kabupaten
Mempawah yang berjumlah 28 siswa.
Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan
penerapan model connecting, organizing, reflecting, and extending (CORE) pada
materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII MTs AL-Mukhlishin Mempawah
mengalami peningkatan; (2) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah
diterapkan model connecting, organizing, reflecting, and extending (CORE) pada
materi theorema phytagoras tuntas secara klasikal. Adapun jumlah siswa yang
tuntas pada siklus II meningkat dari 9 menjadi 22 sedangkan yang tidak tuntas
mengalami penurunan dari 19 menjadi 6 siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Connecting, Organizing,
Reflecting, and Extending (CORE), Theorema Phytagoras
3
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 03:26 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:26 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/728 |