Search for collections on digilib

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL PADA SISWA KELAS XMADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

INDRI, PRADITA (2020) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL PADA SISWA KELAS XMADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (889kB)

Abstract

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning
(CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak”.
Tujuan khusus dalam penelitian ini memperoleh informasi dan kejelasan
mengenai: 1) Kemampuan koneksi matematis setelah diterapkan pendekatan CTL pada
siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. 2) Kemampuan koneksi matematis
setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak. 3) Kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL
lebih baik dari pembelajaran biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimental dengan
rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak kelas X. Penentuan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling.
Kesimpulan umum dalam penelitian ini adalah adanya bahwa terdapat
kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL pada
persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Hal ini
dapat dilihat dari seperti berikut: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah
diterapkan pendekatan CTL pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak
memperoleh rata-rata sebesar 79,84 tergolong sangat baik. 2) Kemampuan koneksi
matematis setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah
Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 69,2 tergolong baik. 3) Kemampuan
koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL lebih baik dari pembelajaran
biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak.
.
Kata Kunci : Kontekstual, Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:26
Last Modified: 24 Nov 2020 03:26
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item
View Item