INDRI, PRADITA (2020) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL PADA SISWA KELAS XMADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf
Download (191kB)
BAB I.pdf
Download (443kB)
BAB II.pdf
Download (814kB)
BAB III.pdf
Download (889kB)
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning
(CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak”.
Tujuan khusus dalam penelitian ini memperoleh informasi dan kejelasan
mengenai: 1) Kemampuan koneksi matematis setelah diterapkan pendekatan CTL pada
siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. 2) Kemampuan koneksi matematis
setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak. 3) Kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL
lebih baik dari pembelajaran biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimental dengan
rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak kelas X. Penentuan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling.
Kesimpulan umum dalam penelitian ini adalah adanya bahwa terdapat
kemampuan koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL pada
persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Hal ini
dapat dilihat dari seperti berikut: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah
diterapkan pendekatan CTL pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak
memperoleh rata-rata sebesar 79,84 tergolong sangat baik. 2) Kemampuan koneksi
matematis setelah diterapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas X Madrasah Aliyah
Negeri 1 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 69,2 tergolong baik. 3) Kemampuan
koneksi matematis yang diajarkan dengan pendekatan CTL lebih baik dari pembelajaran
biasa pada persamaan linear tiga variabel di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak.
.
Kata Kunci : Kontekstual, Koneksi Matematis, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
iii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 03:26 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 03:26 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/727 |