Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG

LIDYANA YULIANTY, LIDYANA YULIANTY (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 04 BAB I.pdf] Text
04 BAB I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 05 BAB II.pdf] Text
05 BAB II.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 06 BAB III.pdf] Text
06 BAB III.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran
project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA
SMA Negeri 1 Ngabang. (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
perindikator sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran project based
learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Ngabang. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning
berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada
materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (4) besar pengaruh
model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI
MIPA SMA Negeri 1 Ngabang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan
rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas terdiri dari tiga kelas, yaitu XI MIPA A, XI MIPA B, dan XI MIPA C.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random
sampling dan kelas yang terpilih sebagai sampel adalah XI MIPA A.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran
project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas XI MIPA
SMA Negeri 1 Ngabang tergolong cukup dan baik. (2) kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa perindikator sebelum dan setelah diberikan model
pembelajaran project based learning berbantuan LKS pada materi matriks di kelas
XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang untuk indikator 1: menyatakan ulang sebuah
konsep pada soal pretest dan posttest sama-sama tergolong sangat baik; indicator
2: memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep pada soal pretest dan
posttest sama-sama tergolong sangat baik; indikator 3: mengklasifikasikan objek
menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya pada soal pretest tergolong
baik dan posttest tergolong sangat baik; indikator 4: menggunakan dan
memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu pada soal pretest
tergolong sangat rendah dan posttest tergolong rendah. (3) terdapat pengaruh
model pembelajaran project based learning berbantuan LKS terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks di kelas XI
MIPA SMA Negeri 1 Ngabang. (4) besar pengaruh model pembelajaran project
based learning berbantuan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa pada materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ngabang
tergolong sedang.

Kata Kunci:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis, Matriks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:27
Last Modified: 23 Oct 2020 02:27
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item
View Item