SRI PUJI, WAHYUNI (2020) PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMKN 1 MONTERADO KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (285kB)
BAB I.pdf
Download (333kB)
BAB II.pdf
Download (357kB)
BAB III.pdf
Download (493kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap
Hasil Belajar mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 1
Monterado kabupaten Bengkayang ”. Masalah umum dalam penelitian ini yaitu:
“Bagaimana pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata
pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMKN 1 Monterado Kabupaten
Bengkayang?” dengan sub masalah pertama yaitu: “Bagaimana minat ,
kemandirian belajar dan hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi
digital di SMKN 1 Monterado Kabupaten Bengkayang?” sub masalah kedua
yaitu: “Apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata
pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMKN 1 Monterado Kabupaten
Bengkayang?” sub masalah ketiga yaitu: “Apakah terdapat pengaruh kemandirian
belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di
SMKN 1 Monterado Kabupaten Bengkayang?” sub masalah keempat yaitu:
“Apakah terdapat pengaruh minat dan kemandirian belajar secara bersama-sama
terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMKN 1
Monterado Kabupaten Bengkayang?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan
kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi
digital di SMKN 1 monterado Kabupateng Bengkayang.
Variabel dalam penelitian ini adalah menggunakan dua (2) variabel, yaitu
variabel bebas dan variabel terikat. variabel bebas dalam penelitian ini adalah
minat belajar dan kemandirian belajar, sedangkan variabel terikat dalam penelitian
ini adalah hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas x tkj 1 dan 2 yang ada di sekolah smkn 1 monterado
kabupaten bengkayang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi
langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung.
Alat pengumpulan datanya berupa angket, sebelum digunakannya alat
pengumpulan data tersebut telah divalidasi oleh validator. Teknik analisis data
dari hasil penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan
regresi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data , secara umum dapat di
simpulkan bahwa minat dan kemandirian berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 1 Monterado
adalah: terhadap pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 3,2 % , terdapat pengaruh kemandirian
belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi
Digital sevesar 2,9 % , dan terdapat pengaruh minat dan kemndirian belajar siswa
mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 3,2 %.
Kata Kunci: Minat, Kemandirian, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Simulasi dan
Komunikasi Digital
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:27 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:53 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/713 |