YEYEN, IYANTI and Dr. Hj. Syf. Fadillah, M.Pd and Abdul Wahab, S.Pd, M.Pd (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TEBAS KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (109kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (167kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (204kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Terhadap Kemempuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada materi Himpunan
Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas”.
Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model
pemebelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa pada materi himpunan kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Tebas Kabupaten Sambas?”. Sub-sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pemebelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dilihat dari aspek
kelancaran?; 2) Bagaimanakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis masalah dilihat dari aspek keluwesan?; 3) Bagaimanakan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa setelah memperoleh pemebelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dilihat dari aspek elaborasi
dalam menyelesaikan soal himpunan kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 2 Tebas Kabupaten sambas?; 4) Seberapa besar peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran berbasis
masalah pada ateri himpunan kelas VII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2
Tebas Kabupaten Sambas?. Variabel bebes dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran berbasis masaah dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksprimen dengan bentuk pre-eksprimental design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Tebas yang terdiri dari 5 kelas yaitu VII
A,VII B, VII C, VII D, dan VII E. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas VII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes kemampuan berpikir kreatif.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diberikan model
pembelajaran berbasis masalah pada materi himpunan kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas dengan thitung
21,05 lebih
besar dari ttabel 1,697 maka Ha
(hipotesis alternatif) diterima. Hasil perhitungan
statistik dapat ditarik kesimpulan: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa silihat dari aspek kelancaran tergolong baik dengan rata-rata 79,03; 2)
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dilihat dari aspek keluwesan
tergolong baik dengan rata-rata 79,03; 3) Kemampuan berpikirkreatif matematis
siswa dilihat dari aspek elaborasi tergolong baik dengan rata-rata 73,39; 4)
Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebesar 0,64 dengan
kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 09:27 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 09:27 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/70 |