APRIANTO TEO FEADELIS (2020) KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MATEMATIS SISWA DIKAJI DARI PENALARAN ADAPTIF DALAM MATERI LUAS SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 SEKADAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf
Download (73kB)
BAB I.pdf
Download (135kB)
BAB II.pdf
Download (175kB)
BAB III.pdf
Download (166kB)
Abstract
ABSTRAK
Pemecahan masalah matematis merupakan suatu aktivasi kognitif yang
kompleks, sebagai proses untuk mengatasi suatu masalah yang ditemui untuk
memecahkannya diperlukan sejumlah strategi. Didalam problem solving memuat
indikator Memahami masalah, Merencanakan penyelesaian masalah,
Melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, Memeriksa kembali
penyelesaian tersebut. Penalaran adaptif adalah kapasitas untuk berfikir secara
logis, merefleksi, menjelaskan yang didalamnya memuat indikator kemampuan
mengajukan dugaan atau konjektor, memberikan alasan atau bukti terhadap
kebenaran suatu pernyataan, menemukan pola pada suatu gejala matematik dan
menarik kesempulan dari suatu pernayataan
Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan
problem solving matematis siswa dikaji dari penalaran adaptif dalam materi segi
empat di kelasvii SMP negeri 8 sekadau?”. Dengan sub-sub masalah atau
masalah khususnya dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan
problem solving matematis siswa dikaji dari penalaran adaptif pada materi segi
empat yang dikaji dari tingkat kemampuan tinggi pada aspek kemampuan
Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 8 sekadau? 2) Bagaimanakah
kemampuan problem solving matematis siswa dikaji dari penalaran adaptif pada
materi segi empat yang dikaji dari tingkat kemampuan sedang pada aspek
kemampuan Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 8 sekadau? 3)
Bagaimanakah kemampuan problem solving matematis siswa dikaji dari
penalaran adaptif pada materi segi empat yang dikaji dari tingkat kemampuan
rendah pada aspek kemampuan Problem Solving di kelas VII SMP Negeri 8
sekadau?. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, dalam
penelitian ini yang diteliti secara mendalam adalah problem solving matematis
siswa dalam menyelesaikan masalah dalam menyelesaikan soal luas segi empat
dengan menelaah setiap aspek.
Berdasarkan deskripsi data diperoleh bahwa Kemampuan problem solving
matematis siswa dikaji dari penalaran adaptif dalam materi luas segi empat yang
dikaji dari tingkat kemampuan tinggi pada aspek a adalah tinggi, pada aspek b
adalah rendah, pada aspek c adalah tinggi, pada aspek d adalah tinggi, dan e
adalah tinggi. Kemampuan problem solving matematis siswa dikaji dari penalaran
adaptif dalam materi luas segi empat yang dikaji dari tingkat kemampuan sedang
pada aspek a adalah tinggi, pada aspek b adalah sedang, pada aspek c adalah
sedang, pada aspek c adalah rendah, pada aspek d adalah rendah, dan pada aspek e
adalah rendah. Kemampuan problem solving matematis siswa dikaji dari
penalaran adaptif dalam materi luas segi empat yang dikaji dari tingkat
kemampuan rendah pada aspek a adalah sedang, pada aspek b adalah rendah, pada
aspek c adalah rendah, pada aspek d adalah rendah, dan pada e adalah rendah.
Kata Kunci: Problem Soving, Penalaran Adaptif, Luas Segi Empat
v
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:07 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:07 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/683 |