Search for collections on digilib

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA

BERTA KLARA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan representasi
matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk
aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi
kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII B. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran,
komunikasi tak langsung, dan komunikasi langsung. Sedangkan alat pengumpul
data yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengetahui kemampuan
representasi matematis siswa, angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan
gaya belajar yang dimiliki, dan pedoman wawancara sebagai acuan dalam
melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan
representasi matematis siswa secara keseluruhan tergolong sedang dengan
persentase sebesar 78,24%. Kemampuan representasi matematis siswa pada
materi operasi hitung bentuk aljabar untuk siswa yang memiliki gaya belajar
visual dengan rata-rata persentase sebesar 74,6% termasuk dalam kategori sedang.
Kemampuan representasi matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk
aljabar untuk siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan rata-rata
persentase sebesar 81,95% termasuk dalam kategori tinggi. Kemampuan
representasi matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar untuk
siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan rata-rata persentase sebesar
77,78% termasuk dalam kategori sedang. Dari tes kemampuan representasi
matematis didapat bahwa siswa mampu menyelesaikan soal tes kemampuan
representasi visual lebih baik dari soal simbolik dan verbal.

Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Operasi Hitung
Bentuk Aljabar
iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:07
Last Modified: 18 Sep 2020 08:07
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item
View Item