DWI ARIF PRAMONO (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUJUH BELAS KECAMATAN TUJUH BELAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
3. RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (77kB)
4. BAB I.pdf
Download (120kB)
5. BAB II.pdf
Download (173kB)
6. BAB III.pdf
Download (165kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka masalah umum dalam penelitian
ini adalah “Bagaimanakah hubungan antara kemampuan Guru mengelola kelas
dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas
Kecamatan untuk matan Tujuh Belas” .Untuk tidak memperluas permasalahan, maka
peneliti membatasinya kedalam beberapa sub masalah. Adapun sub masalah dalam
penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah kemampuan Guru mengelola kelas pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh
Belas? 2) Bagaimanakah hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh Belas? 3) Apakah terdapat
hubungan antara kemampuan guru mengelola kelas dengan hasil belajar pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh
Belas?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Bentuk
penelitian studi hubungan (interrelationship studies) dipilih karena penulis
bermaksud mencari hubungan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas
dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas
Kecamatan Tujuh Belas.Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas
Kecamatan Tujuh Belas yaitu kelas jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 4
kelas, jumlah siswa 126 orang, penulis mengambil kelas VIII B sebagai sampel
penelitian.Teknik pengumpulan data yang hendak digunakan adalah teknik
komunikasi lamgsung,teknik komunikasi tidak lamgsung, dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang hendak digunakan adalah wawancara,angket, dan
dokumentasi.Untuk menjawab sub masalah 1 yaitu menggunakan rumus
persentase.Untuk menjawab sub masalah 2 yaitu hasil belajar dengan menggunakan
rumus mean. Untuk menjawab sub masalah 3 yaitu dengan menggunakan rumus
persentase dan kolerasi product moment.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan Guru
mengelola kelas dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2
Tujuh Belas Kecamatan Tujuh Belas. Dari rumusan masalah penelitian yang
diajukan, maka analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah
dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa kesimpulan dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :1.Kemampuan Guru mengelola kelas pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh
Belas dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan data dengan nilai mean
(rata-rata) adalah 74,37 dan dapat dijelaskan bahwa tingkat kemampuan guru dalam
mengelola kelas dengan kategori kurang baik dengan interval 25% - 43,74 %
sebanyak 0 siswa atau 0%, tingkat kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan
kategori cukup baik dengan interval 43,75% - 62,49% sebanyak 4 siswa atau 12,50%,
iii
tingkat kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan kategori baik dengan
interval 62,50% - 81,24% sebanyak 20 siswa atau 62,50%, dan tingkat kemampuan
guru dalam mengelola kelas dengan kategori sangat baik dengan interval 81,24% –
100% sebanyak 8 siswa atau 25,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan Guru mengelola kelas pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII
SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh Belas dikategorikan cukup.2). Hasil
belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh
Belas Kecamatan Tujuh Belas dapat diketahui ukuran penyebaran dan pemusatan
data dengan nilai mean (rata-rata) adalah 79,75 dan tingkat hasil belajar berdasarkan
nilai mid semester dengan kategori kurang dan interval < 75 sebanyak 4 siswa atau
12,50%, tingkat hasil belajar berdasarkan nilai mid semester dengan kategori cukup
dan interval 75 - 83 sebanyak 24 siswa atau 75,00%, tingkat hasil belajar berdasarkan
nilai mid semester dengan kategori baik dan interval 84 – 92 sebanyak 2 siswa atau
6,25%, dan tingkat hasil belajar berdasarkan nilai mid semester dengan kategori
sangat baik dengan interval 93 – 100 sebanyak 2 siswa atau 6,25%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan Tujuh Belas dikategorikan
cukup. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan guru mengelola kelas dengan hasil
belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Tujuh Belas
Kecamatan Tujuh Belas dengan uji nilai R-hitung (0,574) lebih besar dari R-Tabel
(0.449).
Ada beberapa saran yang perlu disampaikan sehubungan dengan hasil penelitian
ini, antara lain: 1) Agar guru-guru yang ada di SMP Negeri 2 Tujuh Belas Kecamatan
Tujuh Belas yang masih kurang dalam pengelolaan kelas untuk lebih bervariasi lagi
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2). Agar mengembangkan penelitian lebih
dalam lagi tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas kaitannya dengan hasil
belajar siswa di sekolah lain.3). Agar melakukan penelitian tentang keterampilan guru
dalam mengelola kelas kaitannya dengan hasil belajar siswa dengan metode lain.
iv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/676 |