Elsih (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (88kB)
BAB I.pdf
Download (237kB)
BAB II.pdf
Download (422kB)
BAB III.pdf
Download (594kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning
Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi di Kelas XI
SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020
dengan rumusan masalah penelitian ini Bagaiaman pengaruh penerapan model
cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi geografi
di kelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran
2019/2020 Sub masalahnya adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum
diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa
pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten
Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa
setelah diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar
siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang
Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Apakah terdapat pengaruh
model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi
pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang
Tahun Ajaran 2019/2020?
Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen, bentuk penelitian ini
Quasy Eksperimental Design, dengan rancangan two-group post-test only design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas kelas XI IPS 1 SMAN 3
Bengkayang. yang dari 2 kelas 50 orang siswa Teknik pengambilan sampel IPS 1
sebagai kelas kontrol dan IPS 2 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung sebesar 4,012 jika
dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, besarnya derajat kebebasan (db)
untuk Uji T (Independen Sampel T Test) penguji 2 sisi dengan tingkat signifikan
5% table nilai kritis t menunjukan 2,042 N-2 jadi sebesar 26 - 2 yaitu 24 pada
taraf signifikan 5% tabel nilai t kritis menunjukan t sebesar 1,711. Jadi t
5%
= 4,012 > 1,711 ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan model
Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi
pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang
Tahun Ajaran 2019/2020.
Kesimpulan dari penelitian 1. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, standar deviasi 6,281 Nilai ratarata
post-test
hasil
belajar
siswa
63,83
dikategorikan
cukup.
2.
Hasil
belajar
siswa
sesudah
diterapkan
model
pembelajaran
cooperative
learning
tipe
jigsaw,
standar
deviasi
5,453 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 80,58 hasil belajar
siswa kelas eksperimen dikategorikan baik. 3. Terdapat pengaruh model
cooperative learning tipe jigsaw, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar
4,012 jika dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, Jadi t
o
> t
5% = 4,012
> 1,711.
t
o
> t
t
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/671 |